Search site


Contact

Nurul Ain Antula

E-mail: gokil_nurul@yahoo.co.id

Penyembuhan Katarak DaLam Waktu 20 menit

25/11/2009 13:29

Kini penyakit katarak bisa diatasi hanya dengan 20 menit saja. Pembiusan juga dilakukan dengan bius tetes, dan setelah operasi bisa kembali beraktivitas.

Katarak adalah perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tebus cahaya menjadi keruh. Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina. Jumlah dan bentuk keseluruhan pada setiap lens mata dapat bervariasi.
Seorang penderita katarak mungkin tidak menyadari telah mengalami gangguan katarak apabila kekeruhan tidak terlatak di bagian tengah lensa matanya. Katarak terjadi secara perlahan-lahan sehingga penglihatan penderita terganggu secara berangsur.
Ketarak tidak menular dari satu mata ke mata yang lain, namun dapat terjadi pada kedua mata pada saat yang bersamaan. Katarak tidak disebabkan oleh pemakaian mata yang berlabihan dan tidak mengakibatkan kebutaan permanen apabila diatasi dengan pengobatan atau operasi.
Pada banyak kasus, penyebabnya tidak di ketahui. Sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif atau bertmbahnya usia seseorang. Usia rata-rata terjadinya katarak adalah pada umur 60 tehun keatas.
Akan tetapi, katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda.

Deteksi Sejak Dini
Melalui pemeriksaan menyeluruh dokter spesialis mata dapat mendeteksi katarak atau penyebab lain kekeruhan pad lensa mata. Masalah lain pada mata, misalnya kornea,retina dan saraf penglihatan, mungkin akan tetap mengganggu penglihatan setelah operasi katarak.
Apabila tidak memberikan hasil yang lebi baik pada penglihatan, operasi katarak mungkin tidak direkomendasikan. Dokter spesialis mata akan menjelaskan berapa banyak perbaikan penglihatan akan dicapai setelah operasi katarak.
Kecepatan gangguan katarak pada seseorang tidak dapat di prediksi, karena katarak pada setiap individu berbeda, bahkan perkembangannya pun berbeda antara satu mata dengan mata yang sebelahnya. Gangguan penglihatan yang disebabkan oleh katarak akan lebih cepat dangan bertambahnya usia seseorang. Akan tetapi pada penderita diabetes, walaupun masih berusia muda, katarak akan mengganggu penglihatan lebih cepat.
Atasi Segera
Katarak hanya dapat diatasi melalui prosedur operasi. Aka tetapi jika gejala katarak tidak mengganggu, tindakan operai tidak diperlukan. Kadang kala cukup dengan mengganti kacamata.
Hingga saat ini belum ada obat-obatan, makanan, atau kegiatan olah raga yang dapat menghindari atau menyembuhkan seseorang dari gangguan katarak. Akan tetapi melindungi mata terhadap sinar matahari yang berlebihan dapat memperlambat terjadinya gangguan katarak. Kacamata gelap atau kacamata reguler yang dapat memperlambat terjadinya gangguan katarak. Kacamata gelap atau kacamata regular yang dapat menghalangi sinar ultraviolet (UV) sebaiknya igunakan ketika berada diruang terbuka pada siang hari.
Tindakan operasi perlu dilakukan apabila katarak telah menyebabkan hilangnya penglihatan atau mengganggu kegiatan rutin sehari-hari. Operasi katarak cukup dilakukan dengan bius lokal atau tetes dan tanpa memerlukan rawat inap.
Operasi Katarak
Operasi cukup dengan bius lokal atau tetes, dan tanpa harus menjalani rawat inap. Lensa keruh diangkat dan diganti dengan lensa buatan yang ditanam secara permanen.
Dokter spesialis mata melakukan prosedur ini dengan manggunakan paralatan operasi berteknologi tinggi dengan teknik fekoemulsifikasi (tanpa jahitan). Tingkat keberhasilan operasi katarak cukup tinggi. Lebih dari 95% tindakan operasi menghasilkan perbaikan penglihatan apabila tidak terdapat gangguan pada kornea, retina, saraf mata atau masalah lainnya.
Seperti di JEC (Jakarta Eye Centre) menggunakan alat IOL Master untuk meningkatkan kecepatan ukuran lensa tanam yang digunakan. Perlu diketahui, komplikasi walaupun sangat jarang, dapat terjadi saat operasi maupun setelah operasi.
Pada sebagian besar orang yang telah menjalani operasi katarak, kapsul atau selaput dimana lensa intraokular terpasang dapat menjadi keruh.
Diperlukan terapi laser untuk membuka yang keruh ini, sehingga penglihatan menjadi jelas kembali.